PROSES PEMBELAJARAN

 

Pembelajaran di Program Magister PAI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dirancang secara sistematis melalui penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang mengacu pada pengembangan tiga aspek utama mahasiswa: kompetensi kognitif (competence), sikap (conscience), dan kepedulian sosial (compassion). Ketiga aspek ini terintegrasi dalam model pembelajaran yang terdiri atas lima tahap, yaitu Konteks, Pengalaman, Refleksi, Aksi, dan Evaluasi, serta diterapkan dalam pendekatan yang interaktif, holistik, kontekstual, dan berpusat pada mahasiswa.

Dalam konteks pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Program Magister PAI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, proses pembelajaran disusun secara variatif dan adaptif terhadap kebutuhan capaian pembelajaran. Beberapa metode dan strategi utama yang diterapkan antara lain:

  • Studi kasus: Digunakan untuk menganalisis fenomena atau permasalahan nyata secara kritis dan mendalam.
  • Pembelajaran berbasis proyek dan masalah: Mendorong mahasiswa menyelesaikan tugas yang aplikatif dan relevan dengan bidang keilmuannya.
  • Kolaborasi dengan pihak eksternal: Diterapkan melalui kerja sama akademik atau praktis guna memperluas wawasan dan jejaring mahasiswa.
  • Simulasi dan pelatihan: Memberikan pengalaman praktis untuk mengasah keterampilan profesional.
  • Pemanfaatan teknologi digital: Digunakan secara intensif untuk menunjang efektivitas PJJ melalui penggunaan aplikasi Learning Management System (LMS).

 

Distribusi Mata Kuliah Per Semester

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Agama Islam berbasis Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon diwajibkan menempuh perkuliahan minimal sebanyak 57 sks sebagai syarat kelulusan. Jumlah tersebut terdiri dari 48 sks mata kuliah wajib yang menjadi fondasi keilmuan dan profesionalitas lulusan, serta 9 sks mata kuliah pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan minat akademik dan arah penelitian tesis masing-masing mahasiswa.

Pemilihan mata kuliah dilakukan secara selektif dengan mempertimbangkan relevansi terhadap fokus kajian tesis, minat akademik, dan kebutuhan penguatan kompetensi khusus yang dibutuhkan dalam praktik keilmuan dan profesi Pendidikan Agama Islam. Daftar lengkap mata kuliah untuk masing-masing semester disajikan dalam tabel berikut.

Kode Mata Kuliah Bobot SKS Status MK
Semester I
PJJPAI82408 Filsafat Ilmu dan Metode Berpikir 2 Wajib
PJJPAI82402 Pendekatan Studi Islam 3 Wajib
PJJPAI82401 Pengembangan Metodologi PAI 3 Wajib
PJJPAI82405 Sejarah Intelektual Pendidikan Islam 3 Wajib
PJJPAI82404 Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam 3 Wajib
PJJPAI82406 Studi Teks Bahasa Arab (Pendidikan) 2 Wajib
PJJPAI82407 Studi Teks Bahasa Inggris (Pendidikan) 2 Wajib
PJJPAI82403 Tafsir dan Hadis Tarbawi 3 Wajib
Jumlah 21  
Semester II
PJJPAI82415 Filsafat Pendidikan Islam 3 Wajib
PJJPAI82414 Kajian Kurikulum PAI 3 Wajib
PJJPAI82411 Metode Penelitian Kualitatif 2 Wajib
PJJPAI82412 Metode Penelitian Kuantitatif 2 Wajib
PJJPAI82413 Metode Pengembangan Keberagamaan 2 Wajib
PJJPAI82410 Model-model Pembelajaran 3 Wajib
PJJPAI82409 Sosiologi Pendidikan 3 Wajib
PJJPAI82425 Seminar Proposal Tesis 3 Wajib
Jumlah 21  
Semester III
PJJPAI82416 Psikologi Perkembangan Peserta Didik 3 Pilihan
PJJPAI82417 Evaluasi Pendidikan 3 Pilihan
PJJPAI82418 Manajemen Mutu Pendidikan 3 Pilihan
PJJPAI82419 Strategi dan Inovasi Pembelajaran Digital 3 Pilihan
PJJPAI82420 Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak 3 Pilihan
PJJPAI82421 Strategi Pembelajaran Fikih 3 Pilihan
PJJPAI82422 Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 3 Pilihan
PJJPAI82423 Politik Hukum Pendidikan Islam 3 Pilihan
PJJPAI82424 Manajemen Branding dan Digital Marketing Pendidikan 3 Pilihan
Jumlah 9 *  
Semester IV
PJJPAI82426 Tesis 6 Wajib
Jumlah total MK 20  
Jumlah Total SKS 57  

Penyelesaian Tugas Akhir (Tesis)

1. Persiapan Akademik

  • Memenuhi syarat akademik: Telah menempuh dan lulus semua mata kuliah wajib dengan IPK minimal 3.00.
  • Mengikuti kuliah Seminar Proposal Tesis sebagai pembekalan penulisan tesis.

2. Pengajuan dan Persetujuan Proposal Tesis

  • Pengajuan proposal tesis melalui sistem LMS (Learning Management System).
  • Penunjukan pembimbing akademik oleh program studi yang disahkan oleh Pascasarjana.
  • Ujian proposal tesis (daring), dengan revisi sesuai masukan penguji.

3. Penulisan Tesis

  • Bimbingan intensif secara daring dengan pembimbing (melalui LMS, email, atau video conference).
  • Penyusunan tesis dengan memperhatikan standar akademik dan menghindari plagiarisme.
  • Revisi dan validasi dari pembimbing untuk naskah final tesis.

4. Ujian Tesis

  • Pengajuan ujian tesis melalui LMS atau portal akademik.
  • Pelaksanaan ujian sidang tesis secara daring (Zoom/Google Meet), dengan penguji internal dan eksternal.
  • Penilaian dan revisi akhir sesuai masukan penguji sidang.

5. Revisi dan Pengumpulan Tesis Final

  • Revisi pasca-sidang dan pengesahan oleh pembimbing.
  • Unggah naskah final dalam format PDF ke repositori kampus atau sistem unggah khusus.
  • Pengurusan administrasi kelulusan (berita acara sidang, pengesahan tesis, dll.)

 

Yudisium dan Wisuda

Yudisium adalah proses penetapan kelulusan mahasiswa oleh fakultas/program studi, yang menilai kelengkapan dan kelayakan mahasiswa untuk menyandang gelar akademik berdasarkan hasil studi dan penyelesaian tugas akhir (tesis).

Wisuda adalah prosesi seremonial yang menandai kelulusan mahasiswa dan pengukuhan gelar akademik secara resmi oleh universitas.

Seluruh proses yudisium dan wisuda dalam PJJ dilaksanakan secara daring atau hybrid. Mahasiswa wajib memastikan keaslian dan kelengkapan data selama proses berlangsung agar tidak tertunda.

Review Your Cart
0
Add Coupon Code
Subtotal

 
Scroll to Top